Sejarah Pembentukan dan Pembangunan Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK)

Sejarah Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK) berakar dari kebutuhan akan pendidikan formal di tingkat dasar untuk anak-anak. Taman Kanak-kanak (TK) pertama kali diperkenalkan oleh Friedrich Froebel pada tahun 1837 di Jerman. Froebel memperkenalkan konsep pendidikan awal yang berbasis pada bermain, kreativitas, dan interaksi sosial untuk mempersiapkan anak-anak sebelum memasuki pendidikan formal di tingkat dasar. Konsep ini kemudian menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, Sekolah Dasar (SD) merupakan bentuk pendidikan formal pertama yang diikuti oleh anak-anak setelah lulus dari TK. SD mulai terbentuk sejak zaman penjajahan Belanda pada awal abad ke-20, ketika sistem pendidikan formal mulai diperkenalkan. Pada awalnya, hanya segelintir orang yang bisa mengakses pendidikan, namun seiring perkembangan zaman, pemerintah mulai membangun lebih banyak sekolah dasar agar semua anak bisa mendapatkan pendidikan yang merata.

TK dan SD terus berkembang seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dasar bagi perkembangan anak-anak. Kini, keduanya menjadi fondasi penting dalam sistem pendidikan di Indonesia, memberikan pendidikan dasar yang dibutuhkan untuk perkembangan intelektual, sosial, dan emosional anak.


Berpartisipasi Kegiatan Mendidik :
https://svps17huda.com/
https://fajar.fatifajar.com.br/
https://thicongmaiton247.com/


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *